2.
SKENARIO PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Penilaian Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
PERTEMUAN
I
Kegiatan
awal (10 menit)
a. Guru membuka pelajaran dengan
mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa yang tidak hadir.
b. Guru memberi motivasi kepada
siswa.
c. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang harus dicapai.
d. Guru melakukan apersepsi dengan
bertanya mengenai pengetahuan siswa tentang unsur intrinsik yang terdapat
dalam karya sastra.
|
||||
2.
|
Kegiatan
inti (25 menit)
a. Siswa mebentuk kelompok antara 4-5
orang per kelompok.
b. Guru memberi penjelasan tentang
kinerja yang akan dilakukan siswa pada saat menyimak cerita yang akan disampaikan.
c. Siswa mendengarkan/menyimak cerita
pendek yang sudah disediakan oleh guru, yang akan dibacakan oleh teman secara
bergantian.
d. Secara berkelompok siswa
berdiskusi mengenai unsur intrinsik di dalam cerpen kemudian mengidentifikasi
dan menuliskan unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerpen.
e. Setiap kelompok menunjuk salah
satu anggotanya untuk menyampaikan secara lisan hasil diskusi secara runtut
dan jelas di depan kelas.
f. Siswa bertanya jawab/menanggapi
informasi yang didengar/disimak dengan bahasa dan alasan yang rasional dan
logis.
|
||||
3.
|
Kegiatan
akhir (10 menit)
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
tentang pembelajaran hari ini.
b. Guru dan siswa menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
c. Guru memberi tugas kepada siswa kemudian
pembelajaran ditutup dengan salam.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar