Powered By Blogger

Kamis, 07 Juni 2012

2.      SKENARIO PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan
Penilaian Pengamat
1
2
3
4
1.
PERTEMUAN I
Kegiatan awal (10 menit)
a.    Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa yang tidak hadir.
b.   Guru memberi motivasi kepada siswa.
c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
d.   Guru melakukan apersepsi dengan bertanya mengenai pengetahuan siswa tentang unsur intrinsik yang terdapat dalam karya sastra.




2.
Kegiatan inti (25 menit)
a.    Siswa mebentuk kelompok antara 4-5 orang per kelompok.
b.   Guru memberi penjelasan tentang kinerja yang akan dilakukan siswa pada saat menyimak cerita yang akan disampaikan.
c.    Siswa mendengarkan/menyimak cerita pendek yang sudah disediakan oleh guru, yang akan dibacakan oleh teman secara bergantian.
d.   Secara berkelompok siswa berdiskusi mengenai unsur intrinsik di dalam cerpen kemudian mengidentifikasi dan menuliskan unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerpen.
e.    Setiap kelompok menunjuk salah satu anggotanya untuk menyampaikan secara lisan hasil diskusi secara runtut dan jelas di depan kelas.
f.    Siswa bertanya jawab/menanggapi informasi yang didengar/disimak dengan bahasa dan alasan yang rasional dan logis. 




3.
Kegiatan akhir (10 menit)
a.    Guru dan siswa melakukan refleksi tentang pembelajaran hari ini.
b.   Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
c.    Guru memberi tugas kepada siswa kemudian pembelajaran ditutup dengan salam.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar