Powered By Blogger

Selasa, 13 November 2012

RPP MENGANALISIS LAPORAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)
Satuan Pendidikan    :   SMP Negeri 2 Kendari
Mata Pelajaran          :   Bahasa Indonesia
Kelas                           :   VIII
Semester                     :   1
Alokasi Waktu           :   3 x 40 menit

A.          STANDAR KOMPETENSI
Memahami wacana lisan berbentuk laporan.
B.     KOMPETENSI DASAR
Menganalisis Laporan

C.          TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mendengarkan rekaman laporan perjalanan, peserta didik diharapkan dapat:
1.      Secara mandiri, Peserta didik dapat menemukan pokok-pokok yang ada dalam Laporan perjalanan yang didengarkan.
2.      Secara mandiri siswa dapat menuliskan pokok-pokok laporan yang didengarkan dengan menggunakan kalimat singkat sesuai fakta.
3.      Setelah menuliskan pokok-pokok laporan, peserta didik diharapkan dapat menganalisis pola urutan waktu, ruang, atau topic dari laporan yang didengarkan, secara cermat.
D.          MATERI PEMBELAJARAN
        1. rekaman/teks laporan Perjalanan utuh untuk diperdengarkan.       
        2. pola urutan waktu, ruang, dan tema laporan perjalanan.
     
E.           MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Inkuiri
      Pemodelan
F.           Media/ Alat/ Bahan
Buku teks Bahasa Indonesia, Lembar Kerja Siswa, dan LCD

G.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1.         Guru dan peserta didik berdoa bersama untuk meningkatkan Iman dan Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
2.         Mempersiapkan pesert didik secara fisik dan psikis untuk memulai pelajaran.
3.         Bertanya jawab tentang hubungan antara pengalaman peserta didik dengan materi yang akan diajarkan.
4.         Menjelaskan manfaat penguasaan KD tentang menganalisis laporan.
5.         Menyampaikan Tujuan pembelajaran.
6.         Menjelaskan cakupan materi dan alur kegiatan pembelajaran
Kegiatan Inti
1.         Peserta didik mendengarkan rekaman /teks laporan perjalana dengan cermat.
2.         Peserta didik mendiskusikan pokok-pokok laporan yang baru didengarkan.
3.         Peserta didik menuliskan pokok-pokok laporan dengan kalimat singkat sesuai fakta.
4.         Peserta didik bertanya jawab tentang laporan perjalanan yang diperdengarkan sesuai logika.
5.         Peserta didik menganalisis pola urtan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.
6.         Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi kelompoknya.
7.         Masing-masing kelompok peserta didik mengumpulkan laporan hasil diskusinya.
8.         Guru memberikan penguatan
Kegiatan Akhir
1.      Peserta didik dan guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
2.      Peserta didik dan guru membuat rumusan-rumusan hasil pembelajaran.
H.          SUMBER PEMBELAJARAN
a.         Buku  Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Kelas VIII
b.        Rekaman Laporan Perjalanan
I.             PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
·    Mampu menuliskan pokok-pokok laporan perjalan yang didengarkan dengan kalimat singkat sesuai fakta.
·    Mampu menganalisis pola urutan waktu, ruang, dan topik dalam laporan yang didengarkan, secara cermat.
Tes tulis

Tes tulis
Tes uraian

Tes uraian
§ Tulislah enam pokok laporan perjalan yang telah kamu dengarkan secara lengkp.
§ Tentukan pola urutan waktu, ruang secara cermat dari laporan yang kamu dengarkan, dan buktikan dengan cara mencuplik isinya.

1.    Pengamatan selama proses pembelajaran (untuk menilai karakter)

No.
Pencapaian Nilai Karakter yang Teramati
Karakter yag diamati
Skor
kejujuran
kekritisan
1
MK (membudaya)
4
4
8
2
MB (mulai berkembang)
3
3
6
3
MT (mulai terlihat)
2
2
4
4
BT  (belum terlihat}
1
1
2

Skor maksimal
4
4
8

Pengamatan Nilai karakter

BT    :    Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT   :    Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB   :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK   :    Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
                       
Skala Nilai Karakter
A .85–100 = sangat baik; b. 84–75  = baik; c. 74–65 = cukup; d. 64 < n = kurang


Kendari, 17 Desember 2010
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Bahasa Indonesia,         



Drs. Ahmad Hamdan.                                                          Nurjana, S.Pd.,M.Pd.          
NIP 19560317 198312 1 002                                                 NIP 196802221996011002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar